Indonesian Top Colleges and Universities
Indonesian Top Colleges and Universities
Statistik Pengunjung
  • User sedang online: 1
  • Pengunjung Hari ini: 1956
  • Kemarin: 473
  • Pengunjung Minggu ini: 3123
  • Jumlah Pengunjung: 598668
  • Referensi Mesin Pencari: 6828

IMG-20170202-00025(2)Prof. Abdul Malik Fadjar, M.Sc. melakukan kunjungan kerja ke sejumlah tempat di Purworejo, salah satunya adalah ke Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMP). Kunjungan kerja dalam kapasitasnya sebagai anggota dewan pertimbangan presiden bertujuan untuk meminta masukan atas berbagai permasalahan nasional yang dihadapi bangsa saat ini. Konflik yang terjadi tidak boleh hingga menyebabkan perpecahan pada bangsa ini namun harus dimanajemen dengan baik sehingga mampu mendewasakan bangsa untuk menjadi lebih baik lagi.

Dalam sela-sela kunjungannya ke UMP, beliau menyampaikan bahwa Indonesia yang kaya akan sumber daya alam haruslah dikuasai sendiri melalui penyelenggaraan pengajaran yang dilakukan oleh perguruan tinggi. Perguruan tinggi sebagai salah satu pusat pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi haruslah mampu menjadi motor penggerak bangsa yang berkemajuan, memberikan pencerahan, merevitalisasi, memvalidasi, dan menguatkan keilmuan. Oleh karena itu, keberadaan masing-masing program studi haruslah menjadi ujung tombak penguatan keilmuan tersebut. Misalnya, bahasa Jawa haruslah dipandang sebagai bagian dari identitas bangsa sehingga kita tidak boleh kehilangan jejak sejarahnya sebagai bagian dari alat penyebaran Islam di Nusantara.

Kemajuan keilmuan haruslah didorong melalui suatu gerakan besar, semisal gerakan membaca. Indonesia merupakan negara dengan intensitas gemar membaca yang rendah. Oleh karena itu perlu digelorakan kampus sebagai wahana inisiator yang mendorong gerakan membaca secara nasional.Bentuk akhir dari gerakan membaca ini adalah akanĀ  mampu menggerakkan dan menguatkan pengetahuan dan menangkal pemberitaan hoax yang berkembang pesat saat ini. Dengan demikian, perlu adanya pengalihan aktivitas pengambilan/ membaca informasi dari berbagai social media-semisal WA-menjadi membaca buku.

Terakhir disampaikan bahwa perlu dilakukan self akreditation pada perguruan tinggi untuk membangun kekuatan akademik sebagai bagian untuk memperkuat ilmu pengetahuan dan meningkatkan daya saing perguruan tinggi tersebut.