Indonesian Top Colleges and Universities
Indonesian Top Colleges and Universities
Statistik Pengunjung
  • User sedang online: 1
  • Pengunjung Hari ini: 342
  • Kemarin: 251
  • Pengunjung Minggu ini: 1993
  • Jumlah Pengunjung: 577151
  • Referensi Mesin Pencari: 5802

maria-gaetana-agnesi-3Maria Gaetana Agnesi, ibu kalkulus dunia ini dilahirkan dalam keluarga Italia yang kaya dan terpelajar. Kepintarannya di bidang kalkulus ini menurun dari ayahnya yang seorang matematikawan. Mengutip Mirror, Jumat (16/5/2014), selain ahli di bidang matematika, Gaetana dikenal mahir berbahasa Italia, Prancis, Yahudi, Latin, Jerman, dan Spanyol mulai usia 11 tahun. Bahkan, beberapa sumber mengatakan jika Gaetana sudah bisa menguasai bahasa-bahasa tersebut sejak berumur sembilan tahun.
Anak tertua dari 21 bersaudara itu pada usia 20 tahun memulai sebuah karyanya yang paling penting, yakni sebuah buku ajar kalkulus. Di zaman keemasannya, karyanya dinilai mengagumkan serta merupakan buku ajar kalkulus luas
Melansir Wikipedia, buku ajar kalkulus luas ini ada pertama kalinya sejak muncul karya dari I’Hospital. Buku itu telah menerima banyak penghormatan, termasuk pengakuan dari Kaisar Maria Theresa dan Paus Benediktus XIV.
Hingga akhir hayatnya, Gaetana juga mendedikasikan dirinya untuk belajar teologi. Dia menghembuskan nafas terakhirnya pada usianya yang ke 80 di Januari 1799. Pada peringatan seratus tahun meninggalnya, kota Milan menghormati Agnesi dengan memberi nama sebuah jalan atas namanya. Tak cukup hanya itu, pemerintah setempat juga membuat sebuah batu pertama di bagian muka gedung Luogo Pio bertuliskan prasasti yang isinya “terpelajar dalam matematika, keagungan Italia dan abadnya”.

Sumber: http://news.okezone.com/read/2014/05/16/560/985772/ahli-kalkulus-yang-jago-6-bahasa-sejak-usia-11-tahun